SEKOLAH ISLAM TERPADU DALAM KONTEKS DESAIN ARSITEKTUR KONTEMPORER
Keywords:
Sekolah Islam Terpadu, Fasade, Bentuk Massa Bangunan, Arsitektur Kotemporer,Abstract
Pada saat ini pendidikan merupakan kebutuhan primer. Fasilitas pendidikan di wilayah Bandung sampai dengan akhir tahun 2015, untuk penyediaan fasilitas sekolah SD, SMP dan SMA yang berbasis Islam dipandang belum merata. Islam membentuk karakter manusia yang madani salahsatunya melalui fasilitas pendidikan. Hal ini dibutuhkan demi memberikan pembekalan “dasar moralitas†yang tergali dari kearifan tradisi kultural dan nilai-nilai doktrinal agama Islam yang kuat. Dari latar belakang tersebut maka Sekolah Islam Terpadu dalam Konteks Desain Arsitektur Kontemporer dengan studi kasus AlIrsyad Satya Islamic School Kotabaru Parahyangan di Bandung, diangkat sebagai tema penelitian guna mendapatkan wawasan dalam menentukan desain arsitektur yang sesuai untuk gedung pendidikan, serta aspek-aspek yang menjadi pertimbangan dalam merencanakan Sekolah Islam Terpadu. Metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah metoda deskriptif kuantitatif, yaitu menguraikan, memaparkan data-data primer maupun data sekunder dari fakta di lapangan. Setelah dianalisa dan dievaluasi kemudian ditarik kesimpulan mengenai hubungan antara Sekolah Islam terpadu dengan konsep desain Arsitektur Kontemporer yang diterapkan oleh konsultan Perencana gedung tersebutReferences
Sekolah Islam Terpadu (Konsep dan Aplikasinya). Jakarta. JSIT Indonesia Al-Juhra. 2008. Konsep Pendidikan Islam Di Indonesia Menurut Muhammad Natsir RelevansiPemikiran Muhammad Natsir Terhadap Pendidikan Islam Di Indonesia Secara Integral. Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia Antoniades, Anthony. Phoetic of Architecture. Budihardjo, Eko. Arsitek dan Arsitektur Indonesia. Andi Yogyakarta 1997. Riza, syahrul. 2008. Capon, David. Categories in Architectural Theory and Design, Design Studies. Ikhwanuddin. Menggali Pemikiran Postmodernisme Dalam Arsitektur. Gadjah Mada University Press 2005. Kusno, Abidin. Behind the Postcolonial: Architecture, Urban Space and Political Wafa. M Agus Khoirul. 2009. Tujuan dan Sasaran Pendidikan Islam. Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.
Downloads
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ