Pemanfaatan Perangkat Lunak Expert Choice dalam Pengambilan keputusan Penentuan Jalur Kereta Api (Studi Kasus Kereta Api Propinsi Aceh)

Dodon Turgana Tarmidi

Abstract


Propinsi Aceh dengan potensi sumberdaya alam dan ekonomi serta didukung bentang alam yang relatif datar sangat memungkinkan untuk dikembangkan jalur kereta api. Di Propinsi Aceh  tersebut, terdapat dua pelabuhan barang dan manusia yang aktif. Pelabuhan tersebut adalah Pelabuhan Malahayati dan Pelabukan Lhokseumawe/Kreung Geugeuh. Ada lima jalur potensial yang bisa dikembangkan. Yaitu dua jalur di Malahayati dan tiga di Lhokseumawe. Permasalahan yang dihadapi adalah terbatasnya sumber daya finansial yang bisa mewujudkan pengembangan jalur yang bisa mengalirkan barang dan manusia dikedua pelabuhan tersebut. Untuk itu perlu dibuat prioritas penentuan jalur yang paling feasible. Dalam penentuan prioritas bisa dilakukan secara “manual” yaitu dengan perhitungan matematis terhadap kriteria kriteria jalur atau dengan bantuan perangkat lunak khusus pengambilan keputusan. Dalam hal ini Expert choice. Dengan metoda expert choice, penentuan jalur dapat dipercepat dan dipermudah. Adapun hasil pemakaian expert choice dengan kriteria dilapangan dan normatif  tersebut dapat ditentukan jalur prioritas. Pelabuhan Lhokseumawe/Krueng Geukeuh - Stasiun Payabeunteut dan Pelabuhan Malayati-Lamreh yang mempunyai prospek dikembangan segera.

Full Text:

PDF

References


Penggunaan Expert Choice pada Aplikasi AHP untuk Penetapan Komoditi Ternak Prioritas di Kabupaten Majene, http://mawardisyana.blogspot.co.id/2013/04/penggunaan-expert-choicepada-aplikasi.

Google Earth Pro 7.1.7.2606, Tanggal Pembuatan 6/10/2016, Waktu Pembuatan 13.52.36, Sistem Operasi Microsoft Windows (6.2.9200.0)

Saaty, L Thomas. 1993. Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin Proses Hirarki Analitik untuk Pengambilan Keputusan dalam Situasi yang Kompleks. PT Pustaka Binaman Pressindo. Jakarta.

Qanun Aceh Nomor 19 Tahun 2013 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Aceh Tahun 20132033




DOI: http://dx.doi.org/10.35138/gp.v1i2.127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pengunjung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi:

Fakultas Teknik Perencanaan dan Arsitektur

Universitas Winaya Mukti

Jl. Pahlawan No. 69 Bandung

Email: geoplanartjournal@gmail.com