Evaluasi Kondisi Permukaan Jalan Dengan Metode Road Condition Index (RCI)

An an Anisarida

Abstract


Ketersediaan jalan sebagai prasarana transportasi dapat menumbuhkan konektivitas antar lokasi dan daerah yang membentuk suatu jaringan transportasi. Konektivitas antara daerah yang satu dengan daerah lain dapat terbentuk dengan adanya berbagai jaringan transportasi antara daerah dapat memungkinkan bagi pemindahan barang dan jasa atau orang dari satu tempat ke tempat lainnya. Kondisi jalan yang baik dan berdaya guna merupakan tujuan dari setiap perencanaan dan pembangunan prasarana transportasi. Pertumbuhan penduduk yang tinggi menambahkan kondisi jalan yang menurun seiring dengan penurunan kemampuan jalan menurut umur rencana. Kemampuan jalan dalam pemenuhan pelayanan pengguna jalan yang memburuk dapat menyebabkan konektivitas jaringan jalan dalam kota terganggu. Hal ini dapat membuat dampak yang tidak diinginkan baik ketidaknyamanan maupun terjadinya kecelakaan. Sementara itu kebutuhan masyarakat akan value pelayanan dan kenyamanan menjadikan acuan berbagai pihak dalam perwujudan jalan yang berkelanjutan. Metode yang digunakan dalam menentukan jenis dan tingkat kerusakan pada penelitian ini menggunakan metode Road Condition Index (RCI). RCI adalah salah satu system penilaian yang digunakan sebagai acuan untuk menentukan kondisi perkerasan jalan berdasarkan jenis dan tingkat kerusakan  dalam usaha pemeliharaan jalan. Pemeriksaan dilakukan dengan metode sederhana, yaitu mencatat kondisi perkerasan yang ada setiap 50 meter yang dicatat dan mengisikannya dalam formulir. Berdasarkan hasil survey dan analisa yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut terdapat perbedaan panjang ruas jalan purwakarta yang didapat dari dinas adalah 1867m sedangkan hasil survey adalah 1405 m, hal ini dimungkinkan adanya perbedaan titik sta awal dan sta akhir. Secara pengamatan visual, ruas jalan purwakarta mempunyai nilai rata  rata yang baik dengan nilai SDI adalah 0

Keywords


kondisi, kerusakan jalan, visual, RCI, SDI

Full Text:

PDF

References


Khisty, Lall, 2003, Dasar dasar Transportasi, Jilid. 1, Ed.3, Erlangga, Jakarta

Sukirman, Silvia, 1999, Perkerasan Lentur Jalan Raya, Cetakan 5, Nova, Jakarta

Hary Christady Hardiyatmo, 2009, Perancangan Perkerasan dan Penyelidikan Tanah.

Dinas Bina Marga dan Pengairan, 2016, Data Ruas Jalan Kota Bandung

Cahyadi, W, Citra, Muh.Muhtar (2014), Evaluasi Kelayakan Jalan Dengan Tipe Perkerasan Fleksibel Pavement.

Giyatno, (2016), Kerusakan Jalan dengan Metode PCI Kajian Ekonomis dan Strategi Penanganannya.

Mbolian, Jinca dan Kasnawi, (2013), Tingkat kerusakan jalan sebagai dasar kebijakan Penanganan Pemeliharaan Prasarana Jalan Kabupaten Banggai Kepulauan.

Mardianus, (2013), Studi Penanganan Jalan Berdasarkan Tingkat Kerusakan Perkerasan Jalan (Studi Kasus: Jalan Kuala Dua Kabupaten Kubu Ra




DOI: http://dx.doi.org/10.35138/gp.v1i2.139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pengunjung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi:

Fakultas Teknik Perencanaan dan Arsitektur

Universitas Winaya Mukti

Jl. Pahlawan No. 69 Bandung

Email: geoplanartjournal@gmail.com