KEPUTUSAN PEMBELIAN LIDAH SAPI MATANG DARI PREFERENSI KONSUMEN DAN SIFAT ORGANOLEPTIK

Agus Sutandi, Dety Sukmawati, Adjat Sudrajat

Abstract


Fluktuasi pembelian lidah matang oleh konsumen terkait erat dengan keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen. Penilaian proses yang akan dilalui konsumen sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli produk lidah matang dapat dilihat dari segi preferensi dan sifat organoleptik yang dimiliki oleh lidah matang. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui keputusan konsumen dalam melakukan pembelian lidah Badranaya berdasarkan preferensi konsumen. 2. Untuk mengetahui keputusan konsumen untuk membeli lidah Badranaya berdasarkan sifat organoleptik. Penentuan keputusan pembelian lidah matang dari preferensi konsumen dan sifat organoleptik dianalisis dengan metode Analytic Hierarchy Process (AHP). Berdasarkan hasil penelitian kriteria preferensi konsumen, prioritas pertama adalah label halal dengan nilai 18,6%, kedua adalah nilai lisensi harga 16,4%, yang keempat adalah informasi kadaluarsa dengan nilai 12,6%, kelima adalah ketersediaan merek. Dengan nilai 9,4%. Keenam adalah ukuran lidah dengan nilai 9,4% dan ketujuh adalah jenis nilai kemasan 8,8%. Hasil kriteria penelitian sifat organoleptik, prioritas pertama adalah rasa dengan nilai 25,1%, yang kedua adalah tekstur dengan nilai 19,6%, yang keempat adalah nilai 17,9% dan yang kelima adalah warna dengan nilai 15,8 %.


Keywords


Keputusan pembelian, preferensi konsumen, sifat organoleptik, AHP

Full Text:

PDF

References


Amborowati, Armadyah. 2008.Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Perumahan dengan Metode AHP Menggunakan ExpertChoice.P3MSTIMIK AMIKOM, Jogyakarta.

Hastuty, Yanthi. 2008. Pemilihan Supplier Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) di PT Powerplast Prima Utama. Skripsi. Universitas Bina Nusantara. Jakarta.

Kotler, Philip. 1997. Marketing Management “Analysis, Planning, Implementation and Control”(9th ed.). New Jersey: Prentice Hall International, Inc.

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran.Edisi Milenium diterjemahkan Benyamin Molan, PT. Prenhallindo, Jakarta.

Kotler, Philip & Keller, L. Kevin. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13, Jilid 1. Jakarta: Pearson Education, Inc.

Marimin. 2004.Teknik dan Aplikasi Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk.Jakarta, Grasindo.

Medelina Shinta, F. 2007. Penggunaan Metode AHP dalam Mengukur Kualitas Jasa Lembaga Amil Zakat di Surakarta.Skripsi Sarjana Yang TidakDipublikasikan. Universitas Sebelas Maret. Surakarta

Nasiru, A. Muhammad, B. F. Abdullahi, Z. 2011. Effect Cooking Time and Potash Concentration on Organic Properties of Red and White Meat. Journal of Food Technology 9 (4); 119-123

Saaty, T. L. 2001. The Analytic Network Process: Decision Making with Dependenceand Feedback. Pittsburg: RWS Publications.

Setyaningsih, Dwi, et al. 2010. Analisis Sensori untuk Industri Pangan dan Agro. IPB Press: Bogor.

Sugioyono.2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung

Sujarnawati, Anfila. 2013. Hubungan Antara Preferensi Konsumen dan Strategi Pemasaran Terhadap keputusan Membeli Mochi. Tesis Magister Agribisnis. Universitas Winaya Mukti. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.35138/paspalum.v5i2.4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Pengelola Paspalum : Jurnal Ilmiah Pertanian

Fakultas Pertanian Universitas Winaya Mukti

Jl Raya Bandung-Sumedang Km 29 Kode Pos 45362