PERAN STRATEGI PEMASARAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEBERHASILAN USAHA TANI PAPAYA CALIFORNIA (Carica Papaya L.) (Suatu Kasus Terhadap Petani Papaya California di Kecamatan Cibeber, Cianjur, Jawa Barat)
DOI:
https://doi.org/10.35138/orchidagri.v4i1.728Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan membuktikan peran strategi pemasaran dan kualitas produk dalam keberhasilan usahatani pepaya California. Teknik penentuan responden dilakukan dengan menggunakan teknik sensus dan diperoleh 75 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kinerja Usaha Tani Pepaya California dicirikan oleh: rata-rata penggunaan lahan seluas 0,54 ha. Harga jual yang diterima petani tergantung kualitas A. Rp. 3.500/kg dan kualitas B. Rp. 3.000/kg. Dari aspek usaha tani diperoleh efisiensi usaha tani R/C = 2,17. Kinerja Strategi Pemasaran terkait kegiatan budidaya di tingkat petani meliputi: kemitraan; bekerja sama dengan influencer; melibatkan karyawan; dan merawat pelanggan memperoleh tingkat pencapaian 80,21% kriteria Baik. Kinerja Kualitas Produk meliputi aspek; estetika produk; manfaat produk; daya tahan; dan Kesesuaian harga diperoleh pencapaian 79,23% kriteria Baik. Kebun pepaya California menunjukkan keberhasilan yang terdiri dari: Harga Jual; Produktifitas; dan tingkat pencapaian efisiensi usahatani diperoleh 66,78%, terdapat koefisien sebesar 0,875. kriteria yang baik dan semakin baik pula strategi pemasarannya. Lebih baik kualitas produk dan sebaliknya. Strategi pemasaran dan kualitas produk terhadap keberhasilan budidaya pepaya california berpengaruh positif. Pengaruh kedua variabel secara total masing-masing 45,04%, dan 30,88%. Semakin tinggi/baik strategi pemasaran, semakin tinggi pula keberhasilan usaha tani. Kata Kunci: Pemasaran, Kualitas, KesuksesanDownloads
Published
2024-06-09
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Yusup Abdullatif, Euis Dasipah, Natalingsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.