Analisis Sikap Konsumen Pada Pembelian Sayuran Di Pasar Tradisional Rawakalong Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi

Authors

  • Hasbi Yahya Al aziz Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Slamet Abadi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Fatimah Azzahra Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35138/paspalum.v12i1.644

Keywords:

Analisis Multiatribut Fishbein, Konsumen, Pasar Tradisional, Sayur

Abstract

Pasar Rawakalong merupakan Pasar Tradisional di Desa Setiamekar, Kecamatan. Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Banyaknya jenis produk sayuran yang tersedia di Pasar Tradisional Rawakalong membuat persaingan di Pasar semakin ketat karena pedagang sayuran berlomba-lomba untuk menarik konsumen agar sayurnya laku di Pasar. Para pedagang perlu memahami kondisi dari semua yang diinginkan konsumen dan sikap konsumen dalam pembelian sayuran. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis karakteristik dan proses serta menganalisis atribut sayuran dan pasar terhadap sikap konsumen dalam membeli sayuran di Pasar Tradisional Rawakalong. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probabilitas dengan penentuan menggunakan accidental sampling yaitu sebanyak 100 orang. data yang digunakan adalah data primer. teknik pengambilan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner, observasi dan wawancara. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reabilitas. Analisis data yang digunakan adalah multiatribut Fishbein. Hasil penelitian ini atribut kesegaran sayuran menjadi atribut penilai utama konsumen pada atribut sayur sedangkan keragaman produk menjadi pilihan teratas pada atribut lokasi, sedangkan untuk yang terendah nya ada pada atribut sarana prasarana yang dimana meraih total skor 13,42 masuk kategori netral, atribut sarana prasarana bisa menjadi bahan evaluasi pihak pasar agar bisa meningkatkan fasilitas yang ada.

Author Biography

Hasbi Yahya Al aziz, Universitas Singaperbangsa Karawang

Program Studi Agribisnis

References

Aditiya, V., Sari, Y., & Santika, D. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Indihome PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Kandatel Dumai. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 6212-6224. Diakses pada 28 September 2023 melalui https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/6480
Arifiana, W. E., Kumadji, S., & Fanani, D. 2013. Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian (Survei pada ibu rumah tangga perumahan Bumi Asri Sengkaling RW 05 Desa Mulyoagung Kecamatan Dau Kabupaten Malang pembeli deterjen Rinso) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).
Galang, T. (2021). Pengaruh Youtube Beauty Vlogger Terhadap Minat Beli Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi pada viewers Youtube Wardah channel Suhay Salim) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).
Masitah, M., Nursalam, N., & Dari, D. Y. (2022). SIKAP KONSUMEN DALAM MEMBELI SAYURAN DI PASAR TRADISIONAL DAN PEDAGANG SAYUR KELILING DI KABUPATEN KOLAKA. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 8(2), 1329-1337. Diakses pada 25 Agustus 2023 melalui https://jurnal.unigal.ac.id/mimbaragribisnis/article/view/7991
Sasmaya, I., Indriani, Y., & Gultom, D. T. 2020. Perilaku konsumen dalam pembelian sayuran di pasar tradisional Kota Metro. Jurnal Ilmu Ilmu Agribisnis: Journal of Agribusiness Science, 7(3), 330-337. Diakses pada 12 Maret 2023 melalui http://dx.doi.org/10.23960/jiia.v7i3.3770
Saodah, D. S., & Malia, R. 2017. Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian sayuran di Pasar Tradisional (Studi Kasus Pasar Muka Cianjur). AGROSCIENCE, 7(1), 178-193. Diakses pada 5 Januari 2023 melalui https://jurnal.unsur.ac.id/agroscience/article/view/51/39
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta
Sutarni, S., Irawati, L., Unteawati, B., & Yolandika, C. 2018. Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Sayuran Hidroponik Di Kota Bandar Lampung. Journal of Food System and Agribusiness. Diakses pada 24 Januari 2023 melalui https://jurnal.polinela.ac.id/JFA/article/view/1107/757
Utami, K., Rauf, A., & Salmiah, S. 2019. Analisis Perilaku Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Sayur Organik di Kota Medan. Agrotekma: Jurnal Agroteknologi dan Ilmu Pertanian, 3(2), 75-84. Diakses pada 12 Maret 2023 melalui https://ojs.uma.ac.id/index.php/agrotekma/article/download/2241/2034

Downloads

Published

2024-04-02

How to Cite

Al aziz, H. Y., Abadi, S., & Azzahra, F. (2024). Analisis Sikap Konsumen Pada Pembelian Sayuran Di Pasar Tradisional Rawakalong Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Paspalum: Jurnal Ilmiah Pertanian, 12(1), 8-13. https://doi.org/10.35138/paspalum.v12i1.644

Issue

Section

Articles