Analisis Situasi Pemasaran Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Volume Nilai Penjualan Ayam Broiler Di Kabupaten Belu

Authors

  • Ermelinda L. Nahak Universitas Timor
  • Achmad Subchiandi Maulana Universitas Timor http://orcid.org/0000-0003-2007-6355
  • Agustinus Nubatonis Universitas Timor
  • Boanerges P. Sipayung Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.35138/paspalum.v12i1.676

Keywords:

pemasaran, strategi, volume nilai penjualan

Abstract

Ayam broiler/pedaging merupakan jenis ternak unggas yang memilki potensi untuk di budidayakan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui volume nilai penjualan dan Strategi pemasaran, pangsa pasar dan situasi pemasaran ayam Broiler di PT. Mitra Sinar Jaya Atambua Kabupaten Belu. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Mitra Sinar Jaya Atambua pada bulan januari 2023 sampai selesai. Pada penelitian ini populasi dan sampel diambil secara purposive sampling (sengaja) sehingga sampel pada penelitian ini yaitu PT. Mitra Sinar Jaya Atambua karena penelitian menggunakan studi kasus. Data diambil terdiri dari data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda dan analisis Boston Consulting Group (BCG). Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda, diketahui bahwa variabel yang berpengaruh nyata pada volume nilai penjualan ayam broiler di PT. MSJ adalah produksi ayam, harga barang substitusi, sedangkan yang tidak berpengaruh nyata adalah jumlah penduduk, pendapatan penduduk dan harga pakan. Analysis Boston Consulting Group (BCG) menunjukan bahwa tahun 2019, 2020, dan 2022 posisi pasar berada pada kuadran cash cow dimana kuadran ini memiliki pangsa pasar relatif tinggi dan tingkat pertumbuhan pasar yang lambat. Tahun 2021 posisi produk pada perusahaan berada pada kuadran star dimana usaha ayam memiliki tingkat pertumbuhan pasar dan pangsa pasar relatif yang tinggi.

References

Asmuruf, F., Rumate, V. A., & Kawung, G. M. V. (2015). PENGARUH PENDAPATAN DAN JUMLAH PENDUDUK TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH ( PAD ) DI KOTA SORONG. 15(05), 727–737.
Astati, & Paly, muh. basir. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Broiler di Kelurahan Balangnipa Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. 4, 109–115.
Hutabarat, esterlina. (2017). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MOTOR SUZUKI SATRIA FU PADA PT. SUNINDO VARIA MOTOR GEMILANG MEDAN Esterlina Hutabarat. 3(1).
Krisnawardhani, T., Salam, N., & Anggraini, D. (2010). ANALISIS REGRESI LINEAR BERGANDA DENGAN SATU VARIABEL BONEKA (DUMMY VARIABLE) Tanti. 4(2), 14–20.
Mona, M. G., Kekenusa, J. S., & Prang, J. D. (2015). Penggunaan Regresi Linear Berganda untuk Menganalisis Pendapatan Petani Kelapa Studi Kasus : Petani Kelapa Di Desa Beo , Kecamatan Beo Kabupaten Talaud The Use of Multivariate Linear Regression to Analyse Income of Coconut Farmer Case Study : Coconut Farm.
Prayoga, N. R., Sukmawani, R., & Meilani, E. M. A. H. (2021). THE IMPACT OF COVID-19 ON THE DECLINE OF SALES VOLUME AND INCOME OF BROILER MEAT TRADERS. 09, 158–165.
Puteri, F. S., Nuringwahyu, S., Krisdianto, D., Bisnis, J. A., Administrasi, F. I., Malang, U. I., Malang, M. T. H., Universitas, L., Malang, I., Mt, J., & Malang, H. (2019). MATRIKS BOSTON CONSULTING GROUP ( BCG ) SEBAGAI DASAR PERENCANAAN STRATEGI PERUSAHAAN. 8(3), 130–135.
Putri, D. N., & Hadi, S. (2017). Analisis pengaruh pertumbuhan ekonomi dan jumlah angkatan kerja terhadap jumlah pengangguran di kota batu. 1, 270–281.
Rahayu, S., Hidayati, W., & Yunarti. (2020). PENGARUH HARGA JUAL PRODUK PAKAN TERNAK BROILER TERHADAP VOLUME PENJUALAN DI PT SINAR TERANG MADANI KOTA MAKASSAR. 745–755.
RB, F. H., Hasan, I., & Amran, F. D. (2022). KERIPIK PISANG DI KABUPATEN ENREKANG. 5(1).
Sawukir, Nurmono, & Nurhamdi, M. (2021). analisis volume penjualan sebelum dan sesudah menggunakan distributor management system(dms) pada cv diffa cemerlang.
Septiawan, Rochdiani, D., & Yusuf, muhamad nurdin. (2017). ANALISIS BIAYA, PENERIMAAN, PENDAPATAN DAN R/C PADA AGROINDUSTRI GULA AREN. 2005, 360–365.
Taena, W., Riset, T. K., Taena, W., Maulana, A. S., Sipayung, B. P., & Joka, U. (2022). COMPARATIVE ANALYSIS OF LOCAL FRUIT SELLING BUSINESSES IN. 275–286.
Wisudaningsi, besse arna, Arofah, I., & Belang, konstansius aji. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. 103–117.
Yuniar, L., & Agoestiyowati, R. (2021). Jurnal administrasi bisnis. 1(5), 453–460.

Downloads

Published

2024-04-02

How to Cite

Nahak, E. L., Maulana, A. S., Nubatonis, A., & Sipayung, B. P. (2024). Analisis Situasi Pemasaran Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Volume Nilai Penjualan Ayam Broiler Di Kabupaten Belu. Paspalum: Jurnal Ilmiah Pertanian, 12(1), 56-66. https://doi.org/10.35138/paspalum.v12i1.676

Issue

Section

Articles