Analisis Situasi Pemasaran Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Volume Nilai Penjualan Ayam Broiler Di Kabupaten Belu
DOI:
https://doi.org/10.35138/paspalum.v12i1.676Keywords:
pemasaran, strategi, volume nilai penjualanAbstract
Ayam broiler/pedaging merupakan jenis ternak unggas yang memilki potensi untuk di budidayakan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui volume nilai penjualan dan Strategi pemasaran, pangsa pasar dan situasi pemasaran ayam Broiler di PT. Mitra Sinar Jaya Atambua Kabupaten Belu. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Mitra Sinar Jaya Atambua pada bulan januari 2023 sampai selesai. Pada penelitian ini populasi dan sampel diambil secara purposive sampling (sengaja) sehingga sampel pada penelitian ini yaitu PT. Mitra Sinar Jaya Atambua karena penelitian menggunakan studi kasus. Data diambil terdiri dari data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda dan analisis Boston Consulting Group (BCG). Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda, diketahui bahwa variabel yang berpengaruh nyata pada volume nilai penjualan ayam broiler di PT. MSJ adalah produksi ayam, harga barang substitusi, sedangkan yang tidak berpengaruh nyata adalah jumlah penduduk, pendapatan penduduk dan harga pakan. Analysis Boston Consulting Group (BCG) menunjukan bahwa tahun 2019, 2020, dan 2022 posisi pasar berada pada kuadran cash cow dimana kuadran ini memiliki pangsa pasar relatif tinggi dan tingkat pertumbuhan pasar yang lambat. Tahun 2021 posisi produk pada perusahaan berada pada kuadran star dimana usaha ayam memiliki tingkat pertumbuhan pasar dan pangsa pasar relatif yang tinggi.References
Astati, & Paly, muh. basir. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Broiler di Kelurahan Balangnipa Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. 4, 109–115.
Hutabarat, esterlina. (2017). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MOTOR SUZUKI SATRIA FU PADA PT. SUNINDO VARIA MOTOR GEMILANG MEDAN Esterlina Hutabarat. 3(1).
Krisnawardhani, T., Salam, N., & Anggraini, D. (2010). ANALISIS REGRESI LINEAR BERGANDA DENGAN SATU VARIABEL BONEKA (DUMMY VARIABLE) Tanti. 4(2), 14–20.
Mona, M. G., Kekenusa, J. S., & Prang, J. D. (2015). Penggunaan Regresi Linear Berganda untuk Menganalisis Pendapatan Petani Kelapa Studi Kasus : Petani Kelapa Di Desa Beo , Kecamatan Beo Kabupaten Talaud The Use of Multivariate Linear Regression to Analyse Income of Coconut Farmer Case Study : Coconut Farm.
Prayoga, N. R., Sukmawani, R., & Meilani, E. M. A. H. (2021). THE IMPACT OF COVID-19 ON THE DECLINE OF SALES VOLUME AND INCOME OF BROILER MEAT TRADERS. 09, 158–165.
Puteri, F. S., Nuringwahyu, S., Krisdianto, D., Bisnis, J. A., Administrasi, F. I., Malang, U. I., Malang, M. T. H., Universitas, L., Malang, I., Mt, J., & Malang, H. (2019). MATRIKS BOSTON CONSULTING GROUP ( BCG ) SEBAGAI DASAR PERENCANAAN STRATEGI PERUSAHAAN. 8(3), 130–135.
Putri, D. N., & Hadi, S. (2017). Analisis pengaruh pertumbuhan ekonomi dan jumlah angkatan kerja terhadap jumlah pengangguran di kota batu. 1, 270–281.
Rahayu, S., Hidayati, W., & Yunarti. (2020). PENGARUH HARGA JUAL PRODUK PAKAN TERNAK BROILER TERHADAP VOLUME PENJUALAN DI PT SINAR TERANG MADANI KOTA MAKASSAR. 745–755.
RB, F. H., Hasan, I., & Amran, F. D. (2022). KERIPIK PISANG DI KABUPATEN ENREKANG. 5(1).
Sawukir, Nurmono, & Nurhamdi, M. (2021). analisis volume penjualan sebelum dan sesudah menggunakan distributor management system(dms) pada cv diffa cemerlang.
Septiawan, Rochdiani, D., & Yusuf, muhamad nurdin. (2017). ANALISIS BIAYA, PENERIMAAN, PENDAPATAN DAN R/C PADA AGROINDUSTRI GULA AREN. 2005, 360–365.
Taena, W., Riset, T. K., Taena, W., Maulana, A. S., Sipayung, B. P., & Joka, U. (2022). COMPARATIVE ANALYSIS OF LOCAL FRUIT SELLING BUSINESSES IN. 275–286.
Wisudaningsi, besse arna, Arofah, I., & Belang, konstansius aji. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. 103–117.
Yuniar, L., & Agoestiyowati, R. (2021). Jurnal administrasi bisnis. 1(5), 453–460.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Achmad Subchiandi Maulana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY or The Creative Commons Attribution– License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).