TRANSFORMASI NAPI MENJADI SANTRI : Analisis Implementasi Transtheoritical Model Di Pesantren At Tawwabin Pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kuningan Jawa Barat )

Iman Subasman, Faat Nasyiruddin

Abstract


Penelitian transformatif pengabdian berbasis riset ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perubahan perilaku napi melalui pendekatan Islam, model efektif untuk melakukan perubahan perilaku untuk para napi dan mengetahui faktor yang menjadi dasar perubahan perilaku napi. Pendalaman data dilakukan di Lapas Kelas IIA Kuningan Jawa Barat dengan melakukan wawancara kepada informan dari unsur Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kuningan Jawa Barat , petugas di Lembaga Pemasyarakat dan para napi yang dilakukan bulan september-desember 2018. Melalui partisipatori action research (PAR) peneliti melakukukan kegiatan pembinaan napi berupa majelis taklim, pembelajaran Al Quran, istighosah, pelatihan muadzin, khotib, muroqi, kifayah, qiyamul lail berjamaan dan pelatihan motivasi. Pendekatan transtheoritical model digunakan untuk mengobservasi perubahan perilaku napi mendapatkan kesimpulan; transtheoritical model sebagai alternatif untuk melakukan perubahan perilaku napi, keluarga dan adanya intervensi luar pada kegiatan lapas memberikan dampak postif serta faktor yang dapat mempertahankan perubahan napi adalah keluarga, penerimaan masyarakat, kemenangan tekad dan keimanan.


Keywords


Perilaku napi; transtheoritical model

Full Text:

XML

References


Abdul Aziz, M. F. (2015). Peranan Bimbingan Islam Terhadap Perilaku Narapidana Remaja Di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Wirogunan Yogyakarta. Jurnal Dakwah, 10(2), 163-177.

Ersin, Ö., Freitas, E., & Schommer, J. (2010). Pmc40 Instigating and Encouraging Individual Health Behaviors Through Technology: a Transtheoretical Proposition. Value in Health, 13(3), A21.

Hairina, Y., & Komalasari, S. (2017). Kondisi Psikologis Narapidana Narkotika Di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Klas II Karang Intan, Martapura, Kalimantan Selatan. Jurnal Studia Insania, 5(1), 94-104.

Indarti, L. (2017). Dimensi-dimensi Kepemimpinan Transformatif Pendidikan Islam. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 21–36.

Kidd, P., Reed, D., Weaver, L., Westneat, S., & Rayens, M. K. (2003). The transtheoretical model of change in adolescents: Implications for injury prevention. Journal of Safety Research, 34(3), 281–288.

Lenio, J. A. (2016). Analysis of the Transtheoretical Model of Behavior Change. Applied Psychology, 73–86.

Marzuki, S. (2015). Efektivitas Pemidanaan Sistem Pemasyarakatan: Beberapa Kritik. Jurnal Hukum Ius Quia Iustum, 2(4), 21-28

Millere, A., Pūce, A., Millere, E., Zumente, Z., Sudraba, V., Deklava, L., Vagale, A. (2014). Treatment Motivation Factor Analysis of Patients with Substance Use Disorders In Latvia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 159, 298–302.

Norcross, J., & Rollnick, S. (n.d.). (2017) The Transtheoretical Model of Behavior Change ( continued ) ctrum Using the full spe hance n of processes will e hances an individual ’ ` c ing for making last ior v and positive beha, 888–890.

Nurun, N. I. (2017). Pelaksanaan Pembinaan Agama Islam Dalam Meningkatkan Perilaku Spiritual Bagi Warga Binaan Pemasyarakatan Wanita Di Rumah Tahanan Negara Klas 1 Surakarta Tahun 2016

Rini Rahman, Dinovia Fannil Kher, Y. A. R. (2017). Pendidikan Islam Bagi Remaja ( Upaya Penguatan Karakter Dengan Pendekatan Agama ): Journal of Islamic Studies Vol. 01 , No. 02., Juli-Desember 2017, 1(2), 94–104.

Rini, et all .. (2017). Islam Transformatif: Journal of Islamic Studies Vol. 01 , No. 02., Juli-Desember 2017 1(2), 94–104.

Spencer, L., Adams, T. B., Malone, S., Roy, L., & Yost, E. (2016). Applying the Transtheoretical Model to Exercise: A Systematic and Comprehensive Review of the Literature. 7(4), 428–443.

Xiao, J. J., Newman, B. M., Prochaska, J. M., Leon, B., Bassett, R. L., & Johnson, J. L. (2014). Applying the Transtheoretical Model of Change to


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License