PENGARUH SOSIAL MEDIA INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI DI DESA PANGKALAN
Keywords:
Kata Kunci, pemanfaatan teknologi, media social, pendampingan.Abstract
Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang dihasilkan oleh masyarakat di Desa Pangkalan salah satunya adalah membuat produk Rempeyek dan Jamu Kunyit yang yang dinaungi oleh ibu-ibu PKK. Dimana salah satu sektor penghasilan terbesar di Desa Pangkalan adalah bertani. Banyak kendala yang dihadapi terutama dalam hal pemasaran produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah sehingga masih kurang maksimal dalam hal penjualan, mereka biasanya hanya menjual produknya di pasar dengan membuka lapak dan berjualan secara keliling. Strategi pemasaran yang dijadikan solusi adalah dengan memanfaatkan teknologi yang akan menjadi kekuatan dalam pemasaran produk yang dihasilkan. Oleh sebab itu kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memanfaatkan media sosial instagram untuk pemasaran. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini berupa demonstrasi dan praktek langsung. Harapan dari dilakukan nya kegiatan ini dapat merubah wawasan pelaku UMKM agar dapat melakukan pemasaran melalui media sosial instagram.References
DAFTAR PUSTAKA
Setiawan, I. D., Sukanteri, N. P., Suryana, I. M., & Suparyana, P. K. (2019). Pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media Terhadap Penjualan Produksi Kelompok Wanita Tani (KWT) Ayu Tangkas Di Desa Megati. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 8(2), 227-234.
Diana Afifah Sari, Y. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Instagram Terhadap Citra Sanggar Batik Tulis Mbah Guru Desa Jugo Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan (Doctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).
Sulaksono, J. (2020). Peranan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (umkm) desa tales kabupaten kediri. Generation Journal, 4(1), 41-47.
Istanti, E., & Sanusi, R. (2020). Pemanfaatan media sosial bagi pengembangan umkm di desa kedungrejo, kecamatan jabon, sidoarjo. Jurnal Komunikasi Profesional, 4(2).
Shobirin, M. Y. (2022, May). Pengembangan Produk Kerupuk Tujuh Bunga Dengan Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Guna Meningkatkan Profitabilitas. In Seminar Patriot Mengabdi (Vol. 1, No. 01, Pp. 301-304).
Fadiah, H., Setiawan, M. R., & Setiawan, I. (2021). Peran Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Pelaku Usaha Rumahan Melalui Pemanfaatan Media Sosial Di Desa Manjalling Kecamatan Bajeng Barat, Kabupaten Gowa. Jurnal Teknologi dan Komunikasi Pemerintahan, 3(1), 63-77.
Sayuti, M., Triana, N. N., Wathoni, A., & Pratiwi, A. (2022). Diversifikasi Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Promisi Umkm Di Desa Cintaasih. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Dan Pengabdian Universitas Buana Perjuangan Karawang, 2(1), 991-998.
Setiawan, I. D., Sukanteri, N. P., Suryana, I. M., & Suparyana, P. K. (2019). Pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media Terhadap Penjualan Produksi Kelompok Wanita Tani (KWT) Ayu Tangkas Di Desa Megati. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 8(2), 227-234.
Diana Afifah Sari, Y. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Instagram Terhadap Citra Sanggar Batik Tulis Mbah Guru Desa Jugo Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan (Doctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).
Sulaksono, J. (2020). Peranan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (umkm) desa tales kabupaten kediri. Generation Journal, 4(1), 41-47.
Istanti, E., & Sanusi, R. (2020). Pemanfaatan media sosial bagi pengembangan umkm di desa kedungrejo, kecamatan jabon, sidoarjo. Jurnal Komunikasi Profesional, 4(2).
Shobirin, M. Y. (2022, May). Pengembangan Produk Kerupuk Tujuh Bunga Dengan Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Guna Meningkatkan Profitabilitas. In Seminar Patriot Mengabdi (Vol. 1, No. 01, Pp. 301-304).
Fadiah, H., Setiawan, M. R., & Setiawan, I. (2021). Peran Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Pelaku Usaha Rumahan Melalui Pemanfaatan Media Sosial Di Desa Manjalling Kecamatan Bajeng Barat, Kabupaten Gowa. Jurnal Teknologi dan Komunikasi Pemerintahan, 3(1), 63-77.
Sayuti, M., Triana, N. N., Wathoni, A., & Pratiwi, A. (2022). Diversifikasi Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Promisi Umkm Di Desa Cintaasih. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Dan Pengabdian Universitas Buana Perjuangan Karawang, 2(1), 991-998.
Downloads
Published
2023-11-09
How to Cite
Firmansyah, S., Zikri, M. R., Junisa, H., Anggraini, C., & Ramadhan, F. (2023). PENGARUH SOSIAL MEDIA INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI DI DESA PANGKALAN. Sadeli: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1-9. Retrieved from https://journal.unwim.ac.id/index.php/sadeli/article/view/648
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â