PENGARUH SOSIAL MEDIA INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI DI DESA PANGKALAN

Authors

  • Sahid Firmansyah Program Studi Manajemen, Akuntansi Universitas Islam Syekh-Yusuf
  • Muhamad Romario Zikri Program Studi Manajemen, Akuntansi Universitas Islam Syekh-Yusuf
  • Heni Junisa Program Studi Manajemen, Akuntansi Universitas Islam Syekh-Yusuf
  • Cantika Anggraini Program Studi Manajemen, Akuntansi Universitas Islam Syekh-Yusuf
  • Fahry Ramadhan Program Studi Manajemen, Akuntansi Universitas Islam Syekh-Yusuf

Keywords:

Kata Kunci, pemanfaatan teknologi, media social, pendampingan.

Abstract

Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang dihasilkan oleh masyarakat di Desa Pangkalan salah satunya adalah membuat produk Rempeyek dan Jamu Kunyit yang yang dinaungi oleh ibu-ibu PKK. Dimana salah satu sektor penghasilan terbesar di Desa Pangkalan adalah bertani. Banyak kendala yang dihadapi terutama dalam hal pemasaran produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah sehingga masih kurang maksimal dalam hal penjualan, mereka biasanya hanya menjual produknya di pasar dengan membuka lapak dan berjualan secara keliling. Strategi pemasaran yang dijadikan solusi adalah dengan memanfaatkan teknologi yang akan menjadi kekuatan dalam pemasaran produk yang dihasilkan. Oleh sebab itu kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memanfaatkan media sosial instagram untuk pemasaran. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini berupa demonstrasi dan praktek langsung. Harapan dari dilakukan nya kegiatan ini dapat merubah wawasan pelaku UMKM agar dapat melakukan pemasaran melalui media sosial instagram.

References

DAFTAR PUSTAKA
Setiawan, I. D., Sukanteri, N. P., Suryana, I. M., & Suparyana, P. K. (2019). Pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media Terhadap Penjualan Produksi Kelompok Wanita Tani (KWT) Ayu Tangkas Di Desa Megati. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 8(2), 227-234.
Diana Afifah Sari, Y. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Instagram Terhadap Citra Sanggar Batik Tulis Mbah Guru Desa Jugo Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan (Doctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).
Sulaksono, J. (2020). Peranan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (umkm) desa tales kabupaten kediri. Generation Journal, 4(1), 41-47.
Istanti, E., & Sanusi, R. (2020). Pemanfaatan media sosial bagi pengembangan umkm di desa kedungrejo, kecamatan jabon, sidoarjo. Jurnal Komunikasi Profesional, 4(2).
Shobirin, M. Y. (2022, May). Pengembangan Produk Kerupuk Tujuh Bunga Dengan Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Guna Meningkatkan Profitabilitas. In Seminar Patriot Mengabdi (Vol. 1, No. 01, Pp. 301-304).
Fadiah, H., Setiawan, M. R., & Setiawan, I. (2021). Peran Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Pelaku Usaha Rumahan Melalui Pemanfaatan Media Sosial Di Desa Manjalling Kecamatan Bajeng Barat, Kabupaten Gowa. Jurnal Teknologi dan Komunikasi Pemerintahan, 3(1), 63-77.
Sayuti, M., Triana, N. N., Wathoni, A., & Pratiwi, A. (2022). Diversifikasi Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Promisi Umkm Di Desa Cintaasih. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Dan Pengabdian Universitas Buana Perjuangan Karawang, 2(1), 991-998.

Downloads

Published

2023-11-09

How to Cite

Firmansyah, S., Zikri, M. R., Junisa, H., Anggraini, C., & Ramadhan, F. (2023). PENGARUH SOSIAL MEDIA INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI DI DESA PANGKALAN. Sadeli: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1-9. Retrieved from https://journal.unwim.ac.id/index.php/sadeli/article/view/648

Issue

Section

Articles