INOVASI PRODUK TERHADAP PENINGKATAN PENGHASILAN UMKM DESA PANGKALAN KECAMATAN TELUK NAGA KABUPATEN TANGERANG

Authors

  • Amanda Lutfiah Taupani Program studi manajemen, Universitas Islam Syekh-Yusuf
  • Tariz Meitry Pangestika Program studi manajemen, Universitas Islam Syekh-Yusuf
  • Ponny Maretha Program studi manajemen, Universitas Islam Syekh-Yusuf
  • Icha Novannisa Putri Program studi manajemen, Universitas Islam Syekh-Yusuf
  • Adinda Putri Safitri Program studi manajemen, Universitas Islam Syekh-Yusuf

Keywords:

inovasi, produk, peningkatan penghasilan, UMKM.

Abstract

Pengabidan kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan penghasilan UMKM Desa Pangkalan Kecamatan Teluk Naga Kabupaten Tangerang melalui pelatihan inovasi produk. Hasil obersevasi pada saat kegiatan Kuliah Kerja Kemasyarakatan (KKK), masyarakat desa pangkalan sudah memiliki UMKM. Akan tetapi UMKM tersebut tidak berjalan dan tidak berkembang. Hal itu disebabkan karena kurang nya inovasi produk yang mereka miliki. Salah satu faktor penyebabnya adalah masih lemahnya pemberdayaan potensi lokal penduduk khususnya di pedesaan untuk turut serta menciptakan kemandirian perekonomian wilayah. Selain itu keterbatasan keahlian yang dimiliki masyarakat desa tidak mampu bersaing dengan para pencari kerja yang tersebar di berbagai pelosok kota. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan diselenggarakannya pelatihan Pemberdayaan Masyarakat, khususnya ibu rumah tangga dan masyarakat usia produktif melalui kegiatan pembuatan produk makanan lokal yang memiliki daya jual tinggi serta memberikan motivasi kepada masyarakat agar mampu bersaing dengan produk –produk makanan yang dihasilkan oleh daerah lain. Hasil dari kegiatan ini adalah terbentuknya tim usaha kecil masyarakat (home industry) yang mandiri dan berjiwa wiraswasta dengan berbagai macam produk makanan lokal yang dihasilkan dengan memiliki kekhas-an tersendiri

References

Abril, P. S., Olazábal, A., & Cava, A. (2009). Marketing and the Law. Journal of the Academy of Marketing Science, 37, 375–380.
Agustin, D., & Widyasari. (2018). Packaging Design of Milkfish Products in Tambak Oso Village Sidoarjo. 2(2), 151–159. https://doi.org/10.11594/nstp.2018.0122
Barokah, U. (2011). Strategi Pengembangan Perikanan Tambak Sebagai Sub Sektor Unggulan Di Kabupaten Sidoarjo. Seminar Nasional Competitive Advantage 2011, 1(1), 1–5.
Cahyorini, A., & Rusfian, E. Z. (2012). The Effect of Packaging Design on Impulsive Buying.
Journal of Administrative Science & Organization, 18(1), 11–21.
Clara, C. (2021). Pengaruh Desain Dan Manfaat Kemasan Terhadap Minat Pembelian FMCG. Jurnal Keuangan dan Bisnis, 19(1), 1-10.
Fitriani, E., Fatimah, S., Mardiah, D., Selinaswati, S., Hidayat, M., & Amelia, L. (2020). Pengemasan (Packaging) Rakik Bada Lado Hijau Upaya Peningkatan Pemasaran dan Pelestarian Kuliner Minangkabau. Abdi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 130–135. https://doi.org/10.24036/abdi.v2i2.59
Hardy, G. (2011). Smashing Logo Design: The Art of Creating Visual Identities 1st Edition. Wiley; 1st edition (June 15, 2011).
Mehta, R., & Zhu, R. (2009). Blue or Red? Exploring the Effect of Color on Cognitive Task Performances. Science, 323(5918), 1226–1229. Retrieved
from https://science.sciencemag.org/content/323/5918/1226
Naufalin, R., & Sustriawan, B (2013). D. esain Bentuk Dan Kemasan Untuk Mempertahankan Mutu Gula Kelapa Mold Design and Packaging to Maintain Palm Sugar Quality, Pembangunan Pedesaan, 13(1), 2
Prasetyowati, D., Rasiman, R., Minarti, I. B., & Setiawan, D. F. (2020). Peningkatan Kualitas dan Kemasan pada Kelompok Usaha Kerupuk Ikan di Desa Bendar Kecamatan Juwana Kabupaten Pati. Abdi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 110–119. https://doi.org/10.24036/abdi.v2i2.68
Purnamayati, L., Wijayanti, I., Dwi Anggo, A., Amalia, U., & Sumardianto, S. (2018). Pengaruh Pengemasan Vakum Terhadap Kualitas Bandeng Presto Selama Penyimpanan. Jurnal Teknologi Hasil Pertanian, 11(2), 63. https://doi.org/10.20961/jthp.v11i2.29052
Saktiati, Zainudin, A., & Dkk. (2019). Bertani di Ujung Negeri. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Silayoi, P., & Speece, M. (2007). The importance of packaging attributes: a conjoint analysis approach. European Journal of Marketing, 41(11), 1495–1517. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/03090560710821279
Sudarwati, Y., & Eka Satya, V. (2013). Strategi Pengembangan Merek Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jurnal Ekonomi & Kebijakan Publik, 4(1), 89–101.
Yunita, C., Bramantijo, B., & Sutanto, R. P. (2013). Redesain Kemasan Otak-otak Bandeng Bu MuzanahKhas Gresik. Jurnal DKV Adiwarna, 1(2), 11–21. Charles A.Harper, Plastics Materials and Processes, A JOHN WILEY & SONS, INC.,PUBLICATION, 2003, (page 10 – 13)
Kementrian Lingkungan Hidup Republik Indonesia. “Peraturan Menteri Nomor 13 Tahun 2012”, Jakarta, Indonesia 2012.
L. Kardono, “Teknologi Ramah Lingkungan Untuk Masa Depan Lebih Baik,” 2010, pp. 1–18.
Nugroho, Karyadi, dkk. 2007. Laporan Penelitian: Manajemen Pemilahan Sampah diStasiunTuguYogyakarta,http://uripsantoso.wordpress.com/2008/12/22/penting nya-pemilahan-sampah/
Pareira, B. C. (2009). Daur Ulang Limbah Plastik.http://www.erorecycle.vic.gov.au Pahlevi, M.R..2012. Sampah Plastik(file:///I:/Artikel%20plastic%20to%20o il/twit-
sampahplastik.html)
Revise for Product Design: graphics with materials technology. UK: Heinemann Educational publishers. Oborne, D. J. (1982).
Solanki, S. (2018). why Materials Matter: Responsible Design for a better World. New York: Prestel Publishing.
Trihadiningrum, Y. Wigjosoebroto, S.Simatupang, N.D. & Damayanti,O. (2006). Reduction capacity of plastic component in municipal solid waste of Surabaya City, Indonesia. Environmental Technology and Management Conference 2006. Bandung, September 7-8, 2006.
UNEP (United Nations Environment Programme), 2009, Converting Waste Plastics Into a Resource, Division of Technology, Industry and Economics International Environmental Technology Centre, Osaka/Shiga
Wang, L. (2017). Plastic waste pop-up pavilion rethinks recycling in the Netherlands. Retrieved Februari 17, 2020, from: https://inhabitat.com/plasticwaste-pop-up- pavilion-rethinks-recycling-in-the-netherlands

Downloads

Published

2023-11-09

How to Cite

Taupani, A. L., Pangestika, T. M., Maretha, P., Putri, I. N., & Safitri, A. P. (2023). INOVASI PRODUK TERHADAP PENINGKATAN PENGHASILAN UMKM DESA PANGKALAN KECAMATAN TELUK NAGA KABUPATEN TANGERANG. Sadeli: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 27-36. Retrieved from https://journal.unwim.ac.id/index.php/sadeli/article/view/651

Issue

Section

Articles