PENGARUH PENJUALAN KREDIT KENDARAAN TERRHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PADA PT NUGRAHA SUMBER BERLIAN CIAMIS PERIODE 2013-2017

Authors

  • Maria Lusiana Yulianti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Winaya Mukti
  • Indra Zakaria Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Winaya Mukti

Abstract

 Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Penjualan Kredit terhadap Peningkatan Pendapatan di PT NSB Ciamis periode 2013- 2017. Setiap perusahaan berusaha untuk mingkatkan pendapatannya salah satunya di PT NSB ini dengan cara meningkatkan penjualan tunai dan penjualan kredit. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu Nonprobability Purposive Sampling. Nonprobability Sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Untuk mengumpulkan data, menggunakan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana. Pengaruh Penjualan Kredit diperoleh hasil dan dapat dibuat kesimpulan dari hasil perhitungan yaitu nilai constant   untuk Penjualan Kredit sebesar 1.056,6 > 0,05. Dengan demikian hipotesis diterima. Artinya Penjualan Kredit berpengaruh terhadap pendapatan PT Nugraha Sumber Berlian Ciamis, dan besarnya nilai koefisien determinasi r2 sebesar 0,977 atau 97,7% sedangkan sisanya 2,3% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak dimasukan dalam model regresi. Kata Kunci :Penjualan Kredit, Pendapatan, Universitas Winayamukti

References

Mulyadi. 2014. Sistem Akuntansi, Cetakan Kelima, Jakarta. Salemba Empat
Sutabri, Tata.2010 Analisis system informasi. Yogyakarta. Andi
Sujarweni V. Wiratna. 2015. SistemAkuntansi. Cetakan Pertama. Yogyakarta.Pustaka Baru Press.
Diania Anatasia dan Lilis Setiawati, System Informasi Accounting, Yogyakarta
Mursyidi, Akuntansi Dasar, Penerbit Ghalia Indonesia, Yogyakarta 2010.
Susanto, Azhar.2013. Sistem Informasi Akuntansi. Bandung. Lingga Jaya. Samryn, L.M, 2014. Pengantar Akuntansi, Cetakan Ketiga, Rajawali Pers, Jakarta
Indrawan, R. & Yaniawati, P., 2017. Metodologi Penelitian. Bandung: PT Reflika Aditama
Samryn, L. M., 2016. Pengantar Akuntansi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Markoni, 2011 “Teori Akuntansi Penjualan Kredit”.
www.//marconiekonomi.blogspot.com/2011/07/penjualan kredit.html/. Nafarin, 2004. “Akuntansi”, Penerbit Ghalia Indonesia: Jakarta.
Nazir, 2005. “Metode Penelitian", Penerbit Ghalia Indonesia: Jakarta.
Nurastarina, 2010. “Sistem Akuntansi Penjualan Kendaraan Mitsubishi Pada PT. Suka Fajar Ltd Bangkinang”. Tugas Akhir, Penerbit Fakultas Ekonomi dan Ilmu SosialUniversitas Islam Negeri Sultan SyarifKasim Riau Pekanbaru: Pekanbaru.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineke Cipta Faztract, 2012. “Memahami dasar dan pengertian Penjualan” shttp://gofaztrack.com/sales/memahami-dasar-dan-pengertian-penjualan/.

Downloads

Published

2022-12-05

How to Cite

Yulianti, M. L., & Zakaria, I. (2022). PENGARUH PENJUALAN KREDIT KENDARAAN TERRHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PADA PT NUGRAHA SUMBER BERLIAN CIAMIS PERIODE 2013-2017. Konsisten : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(2). Retrieved from https://journal.unwim.ac.id/index.php/konsisten/article/view/545

Issue

Section

Articles