PENGARUH HARGA POKOK PENJUALAN DAN BIAYA PRODUKSI TERHADAP LABA KOTOR (STUDI KASUS PADA PT. GAJAH TUNGGAL TBK TAHUN 2015-2018)

Authors

  • Meita Candra Devi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Winaya Mukti
  • Adi Lesmana Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Winaya Mukti

Abstract

Dalam penelitian ini terdapat tiga variabel yaitu variabel X1 (Harga Pokok Penjualan), X2 (Biaya  Produksi)  dan variabel  Y (Laba  Kotor).  Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh harga pokok penjualan dan biaya produksi terhadap laba kotor (studi kasus pada PT. Gajah Tunggal Tbk tahun 2015-2018). Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  metode  deskriptif asosiatif  dengan  pendekatan  kuantitatif.  Data  yang  digunakan  adalah  data sekunder yang dikumpulkan melalui studi kepustakaan (library research), dan dokumentasi. Analisa data dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan statistik Uji T dan Uji F dengan bantuan program IBM Statistik SPSS 25.00 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa variabel harga pokok penjualan dan biaya produksi memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap laba kotor. Kata Kunci :Harga Pokok Penjualan, Biaya Produksi, dan Laba Kotor

References

Carter, William K and Milton F Usry, Cost Accounting (2009), Buku 1, Edisi 13, Bahasa: Krista, Salemba Empat, Jakarta
Dahan, E., & Srinivasan, V. (2011). The impact of unit cost reductions on gross profit: Increasing or decreasing returns?. IIMB Management Review, 23(3), 131-139.
Harahap, Sofyan Safri. (2010). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT.Rja Grafindo
Ikatan Akuntansi Indonesia. (2007). Standar akuntansi keuangan. Jakarta: Salemba Empat
Jogiyanto. (2010). Metode penelitian bisnis. BPFE, Universitas Gajah Mada. Haryanto Yusuf. (2011). Dasar-dasar Akuntansi, Edisi 7, Jilid 2, STIE YPKN https://www.gt-tires.com https://www.idx.co.id
Mulyadi. (2012). Akuntansi Biaya., Edisi 3, Salemba Empat, Jakarta.
Myrna Sofia, S. E., Si, M., & Iranita, H. Influence revenues and operating costs against net income at pt. Pos indonesia branch tanjungpinang the period 2010-2012.
Raybun, Gayle, L. (2013). Akuntansi Biaya dengan menggunakan Pendekatan Manajemen Biaya , Erlangga, Jakarta
Stice,Earl K, James S Stice, K Fred Skousen. (2010) intermediate Accounting, Buku 1,Edisi 15, Salemba Empat, Jakarta.
Sugiyono (2010). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta
Wild, Jhon, K, R. Subramanyam, dan Robert F. Halsey. (2005). Analisis Laporan Keuangan, Buku Satu, Edisi Kedelapan, Alih Bahasa oleh Yanivi S. Bachtiar dan S. Nurwahyuni Harahap, Salemba Empat Jakarta.
Rayburn, Gayle L, 2003. Akuntansi Biaya dengan Menggunakan Pendekatan Manajemen Biaya, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Rudianto, 2009. Pengantar Akuntansi, Erlangga, Jakarta.
Samryn, L. M., 2016. Pengantar Akuntansi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Markoni, 2011 “Teori Akuntansi Penjualan Kredit”.
www.//marconiekonomi.blogspot.com/2011/07/penjualan kredit.html/. Nafarin, 2004. “Akuntansi”, Penerbit Ghalia Indonesia: Jakarta.
Nazir, 2005. “Metode Penelitian", Penerbit Ghalia Indonesia: Jakarta.
Nurastarina, 2010. “Sistem Akuntansi Penjualan Kendaraan Mitsubishi Pada PT. Suka Fajar Ltd Bangkinang”. Tugas Akhir, Penerbit Fakultas Ekonomi dan Ilmu SosialUniversitas Islam Negeri Sultan SyarifKasim Riau Pekanbaru: Pekanbaru.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineke Cipta Faztract, 2012. “Memahami dasar dan pengertian Penjualan” shttp://gofaztrack.com/sales/memahami-dasar-dan-pengertian-penjualan/.

Downloads

How to Cite

Devi, M. C., & Lesmana, A. (2023). PENGARUH HARGA POKOK PENJUALAN DAN BIAYA PRODUKSI TERHADAP LABA KOTOR (STUDI KASUS PADA PT. GAJAH TUNGGAL TBK TAHUN 2015-2018). Konsisten : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(2). Retrieved from https://journal.unwim.ac.id/index.php/konsisten/article/view/546

Issue

Section

Articles