Pengaruh Pelaksanaan Praktikum, Kepuasan Kerja, Pendidikan Pelatihan Mekanika Tanah dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai PUPR di Provinsi Jawa Barat

Lucky Amperawan Schipper

Abstract


Keberhasilan Pekerjaan Konstruksi di Bidang ke PU-an atau Kinerja Pegawai PUPR di Provinsi Jawa Barat yang ditunjang pelaksanaan praktikum, kepuasan kerja, pendidikan dan pelatihan mekanika tanah, serta motivasi. Metode penelitian yang digunakan adalah suatu metode analysis deskriftif dimana suatu metode untuk menguji hipotesis penelitian yang sebagian telah diteliti sebelumnya, dengan metoda path analysis/analisa jalur dan statistik deskriftif yang mengelompokkan, memproses, menyimpulkan, memaparkan, dan menyajikan hasil pengolahan data  menggunakan software SPSS-20.Penelitian ini penelitian deskriptif, menggunakan kuesioner kepada pegawai PUPR di Provinsi Jawa Barat. Hasil penelitian secara parsial, faktor yang mempengaruhi keberhasilan pekerjaan konstruksi di bidang ke PU-an, motivasi memberikan sumbangan relatif sebesar 47.90 % terhadap kinerja pegawai, Pelaksanaan Praktikum 14.30 %, Kepuasan Kerja 11.50 %, Pendidikan dan Pelatihan Mekanika Tanah 2.80 % .Kesimpulannya, motivasi, secara empirik memberikan kontribusi terhadap kinerja pegawai. Sementara Pelaksanaan Praktikum, Kepuasan Kerja, serta Pendidikan dan Pelatihan Mekanika Tanah belum optimal berkontribusi terhadap kinerja.

Keywords


Pelaksanaan Praktikum, Kepuasan Kerja, Pendidikan dan Pelatihan Mekanika Tanah, Motivasi, Kinerja.

Full Text:

PDF

References


Braja M. Das. Principles of Geotechnical Engineering.

Karl Terzaghi. 1925. Erdbaumechanik auf bodephysikalisher Grundlage.

Bjerrum dan kawan kawan (1960). From Theory to Practice in Soil Mechanics.

Intan Irawati. Guru SMAN 8 Jakarta. 2008. Meningkatkan Motivasi Belajar FISIKA.

Sardiman, 2000. Pintrich, 2003. Brophy, 2004. Santrock, 2006/2007. Motivasi.

Robert White, 1959. Baker, Matlin, 1999. Stipek, 2002. Motivasi instrinsik.

Howart Kingsley, Sudjana, 2004:22. Hasil Belajar.

Eni Apriani, 2011. Rancang Bangun Interaksi Pengguna Media Pembelajaran Simulasi Sistem Pernapasan Manusia. Program Magister Teknik Elektro, Institut Teknologi Bandung.

Nyoman Wiradharma, 2012. Praktikum Odontektomi Berorientasi Ergonomi Meningkatkan Kinerja Praktikan Di Jurusan Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati Denpasar. Program Pascasarjana Universitas Udayana.

Tesis, Wien Pudji Priyanto, “Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Tata Teknik Pentas Bagi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Tari Melalui E- Learning”, (Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta, 2010).

Rinto Hutabarat, 2007. Instrumen Penelitian Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang.

Dinas Pendidikan. Kuesioner Evaluasi Dosen.

Riwidikdo, 2006: 151-157. Uji normalitas.

Furchan. 2007: 200, Sugiyono, 2008: 279. Analysis of variance.

Adhi Muhtahdi, S.T., S.E., M.Si. Materi Ajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.35138/gp.v2i1.138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pengunjung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi:

Fakultas Teknik Perencanaan dan Arsitektur

Universitas Winaya Mukti

Jl. Pahlawan No. 69 Bandung

Email: geoplanartjournal@gmail.com